Sabtu, 27 Juli 2013

Otak Kesuksesan di Balik Stand Up Comedy Metro TV


Gairah pria ini pada dunia stand up comedy memang luar biasa. Begitu Anda berbicara padanya tentang komedi tunggal yang sudah setahun ini tengah digemari anak-anak muda, ia nampak begitu antusias. Dialah Agus Mulyadi. Tak banyak tahu, sosok pria tinggi besar ini adalah otak kesuksesan program stand up comedy yang ditayangkan Metro TV.

Dalam blog pribadi Pandji Pragiwaksono, dalam tulisan Susah Tapi Pasti Bisa (part 7) yang di-posting 12 September 2011, ada 7 nama yang tak bisa lepas dari budaya stand up comedy (selanjutnya saya singkat menjadi SUC) di Indonesia dan nama Agus Mulyadi ada di situ. Nama Agus disandingkan bersama Warkop, Taufik Savalas, Ramon Papana, Iwel Wel, Indra Yudhistira. Bahkan Agus ditempatkan Pandji di urutan ke-6 sebelum Raditya Dika.

“Kontribusi Agus Mulyadi terhadap stand up comedy terasa. Comic jadi punya tempat untuk menunjukan kemampuannya dan kelihatannya stand up comedy akan jelas segera jadi sebuah profesi,” puji Pandji yang ditulis di blog www.pandji.com itu.

Jauh sebelum program SUC ditayangkan, Agus memang secara pribadi menyukai SUC. Sekitar 2006, saat masih menjabat sebagai Eksekutif Producer (EP), ia ingin merealisasikan keinginannya membuat program SUC. Namun, saat itu keinginananya dipendam dan program SUC sekadar wacana. Gagasan mengangkat SUC muncul lagi sekitar paruh 2010. Kala itu Agus kesengsem dengan penampilan Pandji Pragiwaksono di Twivate Concert. Di event itu Agus melihat Pandji melakukan SUC dan banyak orang sangat antusias.

“Itu pengalaman pertama saya menonton langsung stand up dan memberkas banget,” ujar pria yang saat ini menjabat sebagai Manager Newstainment Metro TV. “Dalam hati, saya berkata saat itu, akhirnya saya ketemu nih yang bisa stand up”.

Namun, keinginannya saat itu ditunda dulu, secara belum banyak comic (istilah orang yang membawakan materi di SUC) muncul di permukaan. Maklumlah, di tanah air periode 2009, SUC belum ngetop. Ada memang cafe yang konsisten membuat open mic atau ajang pencarian bakat comic atau sekadar mengetes materi yang comic bawakan. Namun, SUC belumlah populer, dianggap masih belum cocok di Indonesia.

Kalo pun sudah ada comic, saat itu jumlahnya sedikit. Selain Pandji, ada Raditya Dika, dan comic yang sebenarnya sudah cukup lama menggaungkang SUC di tanah air, yakni Iwel-Wel. Jelas, jumlah segitu belum cukup buat ditampilkan menjadi program reguler di televisi.

“Nanti penonton akan bosan,” tukas Agus yang juga banyak mengamati aksi comic dari luar negeri ini.

Seiring berjalan, sekitar Juli 2011, di akun twitter @StandupIndo kasuk-kasuk membicarakan Standupnite yang dilaksanakan di Comedy Cafe, sebuah cafe yang dimiliki oleh comic senior Ramon Papana. Acara ini diunggah ke YouTube. Selain acara Standupnite, terdapat beberapa acara lain. Belakangan Agus baru tahu, munculnya acara-acara tersebut berkaitan dengan sebuah program yang waktu itu akan ditayangkan di Kompas TV.

“Jujur, saya harus berterima kasih kepada teman-teman di Kompas TV yang jadi pemicu sejarah membesarkan genre ini ke permukaan,” aku Agus yang di Metro TV akrab disapa dengan panggilan AMU di kantornya.

Agus pun melihat penampilan sejumlah comic melalui YouTube. Setelah menghitung comic yang lucu via YouTube, jumlah mencapai sekitar 10-an. Dengan “modal” jumlah comic segitu dan sempat mendiskusikan ke Pandji serta Iwel, Agus pun berani memproduksi program SUC di Metro TV. Sebab, ia merasa momentum buat menggarap program SUC sudah saatnya. Ia ingin menjadi bagian dari momentum ini.

“Selain mencari via YouTube, kami paralel membuat program Open Mic untuk mencari comic-comic baru,” ungkap Agus. “Tak disangka, peminat yang mendaftar untuk tampil di Open Mic saat itu lebih dari 200. Mereka datang dari beragam latar belakang. Beberapa comic yang dianggap layak tampil, kami undang buat shooting”.

Awalnya, program SUC hanya dibuat satu, yakni Stand Up Comedy Show setiap Kamis. Lalu program ini pindah tayang menjadi Rabu, karena pertimbangan komersial. Ternyata, respon Stand Up Comedy Show luar biasa. Tidak hanya di twitter, tetapi dari segi rating share yang dibuat AC Nielsen, program tersebut meraih rating share luar biasa. Walhasil, dibuatkah program SUC dengan metoda stripping, tetapi masing-masing berbeda konsep. Selasa berjudul Open Mic yang konsepnya penampilan comic baru dan terdapat juri yang menilai, Rabu tetap menampilkan show tiga comic per episode, dan terakhir setiap Kamis berjudul Battle of Comics dengan konsepnya mengadu bit (materi) comic dan dinilai oleh para penonton.

Bagi Agus, komedi bukan baru ketika SUC saja disukai. Ia sudah suka sejak kecil. Bahkan kalo ia merasa, perjalanan hidupnya sangat sering bersinggungan dengan komedi. Ia baru sadar arti SUC begitu mengingat masa SMA pernah melakukan presentasi beberapa kali di depan kelas, dimana saat presentasi ia mencoba melucu.

“Belum sukses amat, tapi ada yang ketawa,” ujar lulusan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) yang tugas akhirnya membuat dokumenter tentang grup lawak legendarais: Bagito.

SUC, menurut Agus, mengajak semua orang terbuka terhadap hal-hal pahit dan tabu dalam kehidupan ini. Terlebih lagi semua orang suka komedi. Melalui SUC, cara menghibur dengan mengkritis ini dianggap cukup efektif dan menyenangkan, asal semua orang berpikiran terbuka. Namun, oleh karena SUC ini di Indonesia, maka materinya pun harus disesuaikan dengan kondisi di Indonesia.

Tentang materi tersebut, Agus akui Metro TV tetap ikut campur tangan. Artinya, comic tetap membuat materi sendiri, hanya materi tersebut dikirimkan ke Produser SUC, baik via email atau faks. Memang, ada juga comic senior yang jarang mengirimkan materi ke Produser. Namun, Metro TV tetap saja akan menayangkan materi yang akan dibawakan ke para comic. Itulah sensor awal materi-materi SUC.

Sebagaimana sebagian Anda ketahui, di luar negeri materi SUC sangat bebas dan cenderung vulgar. Harap maklum, SUC berasal dari luar negeri yang memang cenderung bebas. Sementara di Indonesia, tentu tetap harus mengikuti aturan-aturan yang ada, terlebih lagi Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama, dan ras, yang wajib dihormati. Pun Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) telah memberikan rambu-rambu melalui Pedoman Prilaku Penyiaran (P3) dan Standar  Program Siaran (SPS).

“Kami memang melarang materi SARA dan menyerang fisik. Lalu tidak boleh mesum, vulgar, dan materi yang menjijikan,” ucap Agus. “Comic harus bisa melakukan self censorship terhadap materi mereka sendiri, untuk setiap medium yang berbeda, bisa di TV, radio, cafĂ©/club, variety stages, dll. Televisi tentu punya batasan, tapi ini adalah medium yang ampuh untuk menyebarluaskan genre ini”.

Belum lama ini, tepatnya pada 15-16 Juni 2013, Agus memprakarsai Stand Up Comedy Festival (SUCFes) yang berlangsung di Hall Basket, Senayan, Jakarta. Festival buat para comic dan penggila SUC di tanah air ini pertama kali diadakan di Indonesia dan mendulang kesuksesan. Tak kurang dari 3500-an penonton datang per hari. Kabarnya, SUCFes ini bakal dijadikan event rutin Metro TV, secara SUC termasuk salah satu program unggulan Metro TV.

Salam Komedi!

Sumber: Stand Up Comedy Metro TV

Battle of Comics: Jeremy Teti Star Syndrome


Tim SUC mendatangkan seseorang yang sedang naik daun berkat videonya yang berjudul BBM Campuran, yup Jeremy Teti. Saat ini Jeremy Teti sudah tidak lagi menekuni profesi yang membesarkan namanya, pasalnya Jeremy sudah resign dari news anchor. Dalam waktu dekat ini Jeremy disibukan menjadi bintang iklan, model video klip, pemain film yang akan mulai shooting setelah lebaran, serta menjadi host program travelling. Sebelum kesibukannya membludak, tim SUC mengajak Jeremy untuk tampil di Battle of Comic dengan tema “Youtube Star Syndrome”. Sudah nonton kan BOC tanggal 23 Juli 2013 kemarin?? Yang belum bisa lihat DI SINI. Menjadi co-host bersama Tommy Malewa, membuat penonton merasa terhibur. Apa lagi pas Jeremy nyanyiin lagu BBM Campurannya. Aduh-aduh untung BBM yang dicampur, bukannya.........ahh sudahlah!

Jeremy sudah menjadi news anchor sejak 1996 – 2013, dan sudah berkecimpung di dunia broadcasting dari tahun 1994. Lalu kenapa tiba-tiba Jeremy banting stir untuk menjadi entertainer ya? “Saya merasa sudah stuck dalam karier di tempat lama dan harus move on secepatnya. Kita harus membuat momen dalam hidup kita yang tidak dilupakan oleh orang lain. Dan momen ini sudah ada di depan mata dan saya harus cepat melangkah untuk fokus ke bidang yang baru ini. Lalu, apakah Jeremy resign karena video Youtube yang dibuat oleh Eka Gustiwana? Bisa dibilang iya bisa dibilang tidak sih."

Saat ini Jeremy terikat kontrak oleh sebuah label untuk sebuah RBT “BBM Campuran”. Youtube sendiri dalam 1 bulan sudah 3,6 juta viewer. Apakah Jeremy akan serius di dunia komedi? “Saya melihat dari pangsa pasar yang responnya seperti apa. Mungkin ada produser komedi yang memakai saya dan menganggap saya lucu. Tapi tidak hanya komedi, ada juga program yang serius, off air dari kampus ke kampus, organisasi ke organisasi, acara ibu-ibu yang mengundang saya untuk berbicara tentang public speaking, berbicara bagaimana membuat program/berita di televisi, dll.”

Lebih enjoy mana menjadi news ancor atau menjadi entertainer? “Setiap pilihan ada konsekuensinya, ada suka dan dukanya, relatif, saya sudah mengalami semuanya, sudah saya lewati hal-hal seperti itu. Umur 40-an adalah saatnya menikmati pekerjaan. Rencana ada 4 program sendiri di beberapa stasiun tv swasta.” Wahhh, manteb ya seleb kalo lagi naik daun, mimin naik ranting aja susah, huff!

Kalau ditawarkan menjadi news anchor lagi tapi juga bisa melakukan di dunia entertainment gimana? “Kalau mereka mau saya hidup dalam dua dunia, entertainment dan news. Sebenernya sama-sama dunia akting juga, baca berita juga akting untuk meyakinkan public, sama dengan dunia entertain kita betul-betul akting dan orang-orang suka dengan kita. Ya beda-beda tipis, tapi sama-sama akting di depan kamera kok. Mungkin sekarang orang belum bisa terima, tapi ke depan kita lebih modern dan mungkin bisa nerima hal-hal seperti ini.”

Punya wejangan untuk para newscaster baru? "Mungkin untuk calon-calon broadcaster/newscaster baru, menurut saya mereka harus belajar melakukan sesuatu di luar dari pada pakem-pakem yang sudah berlaku, untuk menemukan karakter/jati diri, untuk menemukan hal yang berbeda dengan newscaster yang sudah banyak. Kalau kamu tidak punya sesuatu yang beda dengan mereka, lewat! Orang tidak akan menganggap dan orang tidak akan kenal dengan kamu, jadi lakukan sesuatu yang berbeda agar catchy di mata dan telinga penonton, mem-branding diri sendiri itu penting banget."

Menyenangkan bicara tentang banyak hal dengan Jeremy Teti, sosok yang terbuka, seru, rempong tapi banyak pengetahuan :)

Sumber: Stand Up Comedy Metro TV

Minggu, 21 Juli 2013

X-GAMES: Extreme Photo & Video Competition


KUIS FOTO YAMAHA:

1. KIRIMKAN FOTO AKSI EXTRIM KALIAN KE TWITER KAMI @xgamesindonesia dan @yamahaindonesia DENGAN #netxgamesyamaha ATAU INSTAGRAM KAMI DI @xgames_indonesia.

2. SETIAP MINGGUNYA AKAN ADA HADIAH 1 JUTA RUPIAH UNTUK FOTO AKSI EKSTRIM TERBAIKMU, PAJAK DITANGGUNG PEMENANG.

3. PENGIRIM FOTO ADALAH ORANG YANG MELAKUKAN AKSI DAN PESERTA EXTREME PHOTO AND VIDEO COMPETITION BERTANGGUNG JAWAB PENUH ATAS KONTEN YANG SUDAH DI UNGGAH

4. AKSI EXTREME PHOTO AND VIDEO COMPETITION HARUS OLAHRAGA YANG DIPERTANDINGKAN DI X GAMES. 

5. DIANTARANYA ADALAH : SEPEDA, SKATEBOARD, MOBIL, SURFING DAN MOTOR. UNTUK AKSI MOTOR, HARUS MENGGUNAKAN PRODUK MOTOR YAMAHA

6. NETMEDIA BERHAK UNTUK MENGGUNAKAN FOTO UNTUK KEPENTINGAN  EXTREME PHOTO AND VIDEO COMPETITION

KUIS VIDEO YAMAHA:

1. KIRIMKAN VIDEO AKSI TERBAIKMU KE www.netmedia.co.id PEMENANG VIDEO EXTREME PHOTO AND VIDEO COMPETITION AKAN MENDAPATKAN SATU BUAH MOTOR YAMAHA X RIDE. 

2. SIGN UP TO www.netmedia.co.id  DAN UPLOAD VIDEO AKSI TERBAIKMU DI WEBSITE KAMI. TERM AND CONDITION PLEASE CLICK www.netmedia.co.id 

3. 5 VIDEO TERBAIK AKAN KITA TAYANGKAN DI PROGRAM X GAMES DAN AKAN DI UPLOAD KE YOUTUBE.  VIDEO DENGAN JUMLAH LIKE TERBANYAK AKAN KELUAR SEBAGAI PEMENANG

Syarat dan Ketentuan Umum

1. Member dari http://www.netmedia.co.id (Member) bertanggung jawab secara pribadi dan penuh atas konten dan/materi Video yang telah diunggah (selanjutnya disebut Video) di http://www.netmedia.co.id

2. Video yang telah diunggah tersebut secara otomatis merupakan milik PT Net Mediatama Indonesia (Net Media).  

3. Net Media sebagai pemegang hak cipta atas Video berhak untuk termasuk tidak terbatas  menyiarkan Video di stasiun televisi NET dan/atau  stasiun televisi dimana Net Media dan/atau NET melakukan kerjasama dengan stasiun televisi tersebut baik  analog maupun kabel dan/atau afiliasi perusahaan Net Media dan NET, menyiarkan Video di situs youtube, mengcopy/menyalin, mengedit dan/atau menghapus, memasukkan sebagian dan/atau seluruh materi Video ke program-program yang diproduksi oleh Net Media, mengubah format Video baik sebagian atau seluruhnya kedalam bentuk media atau format lain, mengalih wujudkan isi (Content) Video ke dalam bentuk media atau tekhnologi apapun, memperbanyak dan menyebarluaskan Video yang telah diunggah oleh Member dalam bentuk apapun dan kepada pihak manapun baik di dalam negeri maupun diluar negeri untuk jangka waktu tidak terbatas dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Member.

4. Video yang telah diunggah tidak dapat diunduh kembali baik seluruhnya maupun sebagian, baik oleh Member maupun secara umum oleh masyarakat luas sehingga Hak Atas Siar dan hak cipta atas Video secara absolut merupakan milik Net Media. 

5. Net Media  tidak dapat termasuk tidak terbatas dituntut, digugat atau dengan nama lainnya secara hukum oleh Member atau pihak lain atas pernyataan, kekeliruan dan/atau kekurangan materi atau konten maupun Hak Net Media atas Video.

6. Net Media dan NET terbebas dari segala macam bentuk tagihan pembayaran royalty dalam bentuk apapun baik secara perorangan maupun dari collecting societies atau dengan nama lainnya, atas penggunaan Video. 

7. Nama dan Logo NET merupakan Hak Cipta atas NET. Member/orang lain/masyarakat luas dilarang untuk termasuk tidak terbatas mengkopi, menggunakan atau membatasi dalam bentuk apapun baik sebagian maupun seluruhnya. 

8. Member dengan ini menyatakan dan menjamin tidak akan termasuk tidak terbatas: 
    a. Melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI) milik orang lain yang telah diatur dalam Undang-Undang Tentang HaKI dan/atau peraturan perundang-undangan lain yang berkaitan dengan HaKI. 
    b. Merusak nama baik, mengancam, mengandung unsur terorisme, menghina orang lain; Mengeluarkan pernyataan yang berbau dan/atau mengandung SARA (Suku, Ras, dan Agama); 
    c. Menerbitkan, menyebarkan, materi/konten yang mengandung unsur Pornografi, melanggar asusila, vulgar, dan tidak layak untuk dikonsumsi publik; 
    d. Member bersedia untuk memberikan, menerbitkan, segala informasi tentang identitas yang dimiliki dan tercatat dalam database Website apabila terjadi permasalahan hukum. 

9. Net Media  mempunyai hak prerogatif untuk mendiskualifikasi Video yang diunggah dan mengeluarkan Member dari Website apabila Member melanggar syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. 

10. Ketentuan poin 3 dan 4 Syarat dan Ketentuan ini tidak berlaku untuk Video yang diunggah untuk kepentingan Extreme Action Competition.

Sumber: www.netmedia.co.id (website NET.) & Yamaha Indonesia

Sabtu, 20 Juli 2013

Muhadkly Acho: Cara Membuat Materi Stand Up Comedy


Kemampuan menulis materi stand up comedy adalah hal paling dasar yang harus dimiliki seorang stand up comedian, materi inilah nantinya yang akan menjadi senjata utama seorang comic di atas panggung. Seorang stand up comedian harus menulis materi, karena stand up comedy bukanlah menceritakan cerita lucu, tapi membawakan sebuah opini, yang berasal dari sebuah hal yang dilihat dari sudut pandang komedi. Sebuah joke dalam stand up comedy dikenal dengan istilah Bit. Secara struktur, Bit terdiri dari 2 komponen utama, yaitu Setup (bagian pengantar sebuah joke) dan Punchline (bagian yang membuat orang tertawa). Setup adalah bagian yang memang bukan untuk membuat orang tertawa, tapi Setup diperlukan sebagai penghubung untuk menggiring perhatian audiens menuju Punchline yang akan dilempar. Jadi bisa dibilang, Setup inilah yang pada akhirnya akan menjadi alasan audiens, kenapa Punchline-nya terdengar lucu.

Contoh sebuah Bit dalam stand-up comedy adalah sebagai berikut:
 
Setup:
Gua ngerasa, sejak ada kamera digital, cewe-cewe tuh jadi suka bikin kesel kalo minta difotoin, tiap abis difotoin, selalu minta diulang
 
Punchline:
Alasannya selalu sama.. "kayanya pipi aku keliatan gendut deh.."
 
Joke di atas merupakan contoh sebuah Bit sederhana, yang lucunya juga mungkin sederhana. Kenapa sederhana? karena kita masih bisa menambahkan Punchline kedua, ketiga dan seterusnya untuk memperkuat joke tersebut. Jadi yang tadinya penonton tertawa hanya sekali, bisa jadi dua kali atau tiga kali, bahkan jika sudah pada level yang sangat lucu, audiens biasanya bukan hanya tertawa, tapi juga memberikan tepuk tangan. Teknik ini biasa disebut double punchlines.


Punchline 2:
Gua curiga cewe-cewe kaya gini, kalo foto rontgen juga minta diulang. Alasannya sama.. "dok, kayanya tulang belikat aku gendut deh, bisa diulang ga?"
 
Bit yang kedua terasa lebih kuat Punchline-nya, karena ada penambahan penekanan pada Punchline, yang membuat keresahan si comic jadi lebih tergambarkan dengan jelas. Secara tidak langsung, audiens menjadi lebih merasakan kekesalan si comic terhadap perempuan yang dia ambil fotonya, hal ini yang akan membuat audiens kembali tertawa bahkan bisa lebih keras dari Punchline yang pertama, karena ia merasa dibombardir oleh Punchline yang berurutan dan saling terkait.
 
Tipe joke di atas adalah tipe joke observational, dimana comic membahas tentang hal yang terjadi di sekelilingnya dalam kehidupan sehari-hari. Saya termasuk comic yang menyukai tipe joke seperti ini, karena saya merasa joke observational lebih terasa dekat dengan audiens, karena mereka pasti pernah mengalami hal yang sama. Ketika mereka tertawa, maka kita bersama-sama menertawakan diri kita sendiri, dan itu sangatlah menyenangkan.
 
Dalam mencari ide, saya biasanya selalu membawa sebuah notes kemanapun saya pergi. Bentuknya bisa buku atau smartphone. Ini berguna untuk mencatat apapun yang tiba-tiba saya temui dan sekiranya menurut saya itu bisa menjadi sesuatu hal yang lucu jika dibahas. Istilahnya, saya mencatat Premis-nya dulu, belum joke-nya. Joke-nya bisa dikembangkan saat saya memikirkan lebih jauh lagi tentang Premis tersebut. Kalau dari contoh Bit di atas, Premisnya adalah "Sejak ada kamera digital, cewe itu jadi ngeselin kalo minta difotoin". Premis adalah sebuah dasar pemikiran atau bisa juga berupa opini, sementara joke yang saya buat akan menjadi alasan kenapa saya memiliki pemikiran seperti itu.

Sebetulnya masih banyak teknik-teknik lain dalam menulis materi komedi, namun menurut saya, Setup dan Punchline adalah kunci utama sebuah joke. Jadi untuk awal, hal inilah yang perlu dibuat sematang mungkin, nanti dengan perlahan teknik lainnya bisa menyusul dan dipelajari sambil jalan. Karena kalau menurut saya, percuma tekniknya macam-macam kalau Punchline-nya tidak lucu.

Sumber: Stand Up Comedy Metro TV




Jumat, 12 Juli 2013

NET. Televisi Masa Depan Visi Wishnutama


PROSES lahirnya stasiun TV NET. terbilang cepat.

Pertengahan April 2012 Wishnutama baru berhenti dari posisinya sebagai Direktur Utama Trans TV.

Agustus 2012, proyek NET. mulai dikerjakan setelah berhasil membeli Spacetoon. Agus Lasmono, pengusaha muda pemilik Indika Grup yang juga putra bungsu Sudwikatmono, yang termasuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia, mencetuskan ide untuk membuat televisi sendiri.

“Punya rumah produksi saja tanggung. Kenapa tidak membuat televisi sendiri sekalian?” begitu kira-kira Agus menyapa Tama yang selepas dari Trans TV malah menjajal bisnis restoran Parc19 dan “menyepi” di Amerika, yang diakuinya sebagai proses menambah ilmu.

Gayung bersambut. Tama sejak lama punya visi “televisi masa depan”. Sebuah televisi yang siarannya tidak terbatas ruang dan waktu. “Pakai smart TV, smartphone, atau di PC, selama ada jaringan internet atau WiFi yang kuat, bisa menonton acara-acara NET.,” jamin Tama.

Jadi tidak terbatas pada jangkauan siaran jaringan terestrial--kalau lagi di luar negeri tidak bisa menonton, kalau sudah terlewat tidak bisa diulang. Melalui jaringan internet, siaran NET. bisa dibuka kapan dan di mana saja hanya dengan membuka www.netmedia.co.id atau mengunduh aplikasinya di smartphone. Secara bebas, masyarakat juga bisa membuka NET. melalui YouTube dengan kualitas gambar yang sama jernih.

“Kami membayar YouTube. Setiap program kami yang sudah tayang atau promo apa pun yang kami buat, langsung bisa dilihat di sana,” beri tahu Tama.

Walau demikian, muncul keraguan NET akan bertahan pada kondisi sekarang. Siapa tahu, akan bernasib seperti Spacetoon yang konsep televisi untuk anak-anaknya tidak jalan. Iklan, yang jadi sumber pemasukan, pun tersendat. Lagi-lagi, Tama memberikan argumen logisnya.

Menurutnya, Spacetoon yang lahir sejak 2005 tidak jalan karena konsepnya mentah.

“Ada saja yang protes, televisi anak, kok diganti? Televisi buat anak hilang, dong? Tapi, coba pikir, masa acara anak 24 jam nonstop? Itu justru aneh. Putar film anak jam 10 malam atau jam 3 pagi, itu kan tidak benar. Ini televisi free to air (tidak berbayar), jadi tayangannya harus disesuaikan dengan jam di daerah tersebut,” kata Tama.

Tentang pemasukan, Tama mengisyaratkan bahwa persoalan itu terlalu dini untuk dibicarakan. “Nantilah itu. Sekarang yang kami lakukan membuat konten yang bagus dan menarik. Lagi pula, kami membuat ini dengan cita-cita membuat sesuatu yang baik buat masyarakat, tanpa memikirkan bisnisnya melulu,” pungkasnya.

Sumber: Tabloid Majalah Bintang

Rabu, 10 Juli 2013

Perbedaan Spacetoon dengan NET.


Perlu kalian ketahui, bahwa beberapa bulan yang lalu hadir sebuah stasiun TV berjaringan terbaru yang dapat membawakan revolusi media yang sangat besar dan lebih maju, dengan kata lain adalah NET. Betul sekali, NET. merupakan singkatan dari News Entertainment Television atau dengan arti sesungguhnya secara keseluruhan adalah sebuah stasiun TV berjaringan yang berfokus kepada berita dan hiburan sekaligus ditunjukan kepada keluarga dan kaum muda di seluruh Indonesia.

NET. pertama kali bersiaran dalam bentuk siaran percobaan selama satu pekan pada Sabtu, 18 Mei 2013 sampai menjelang program "Grand Launching Revolution Media" yang disiarkan secara live di JCC Senayan, Jakarta Pusat pada Minggu, 26 Mei 2013 dengan menghadirkan dua penyanyi luar negeri, seperti Taio Cruz dan Carly Rae Japsen serta penyanyi talenta Indonesia yakni Agnes Monica, dan masih banyak lagi.

Menurut wikipedia berbahasa Indonesia disebutkan, bahwa NET. menggantikan siaran terestrial dari Spacetoon yang sebagian sahamnya telah diambil alih oleh Grup Indika serta pendiri dari NET. ini adalah Wishnutama (mantan Direktur Utama Trans TV) dan Agus Lasmono (Grup Indika). Jadi kesimpulannya adalah, semua program yang berasal dari Spacetoon tersebut dirombak total menjadi yang lebih baik, berkualitas, serta ditunjukan kepada keluarga dan kaum muda. Namun disisi lain, NET. tetap menayangkan kartun animasi yang menjadi unggulan di Spacetoon saat itu sebanyak enam buah, diantarannya sebagai berikut:
1. Ninja Hatori
2. Code Lyoko
3. Kobochan
4. The Kungfu of Taiji Panda
5. Turtle Island
6. Daigunder

Berikut ini adalah perbedaan-perbedaan antara Spacetoon (saat di terestrial) dengan NET. sebagai berikut:
1. Spacetoon (saat masih di terestrial):
- Mayoritas program-programnya kartun animasi
- Khusus ditunjukan kepada anak-anak dan sebagian keluarga
- Memiliki waktu siaran antara pukul 05.00 sampai 23.00 WIB.
- Mayoritas presenternya non-artis papan atas
- Kualitas siaran pemancar yang kurang jelas (sedikit terganggu)
- Terkadang diselingi oleh program infomercial (belanjaan)

2. NET. (saat ini):
- Mayoritas program-programnya berita dan hiburan
- Ditunjukan kepada keluarga dan kaum muda
- Memiliki waktu siaran antara pukul 05.00 sampai 01.00 WIB.
- Mayoritas presenter-presenter hiburan artis-artis papan atas
- Kualitas siaran pemancar yang bening dan jelas
- Bisa juga menonton via streaming website dan Youtube
- Program kartun animasinya hanya enam buah

Inilah beberapa butir perbedaan-perbedaan antara Spacetoon dengan NET. yang ada diatas. Jadi, saksikan terus program-program dari NET. di siaran terestrial bekas frekuensi Spacetoon di seluruh Indonesia, serta bisa juga via live streaming di website (www.netmedia.co.id) dan saluran Youtube NET.

Kalau Comic Jadi Vokalis




Kemarin mimin main hashtag di @standupmetrotv dan banyak banget followers yang ikutan main hashtag bareng mimin. Cara mainnya cuma cukup ikutin kalimat dan hashtag kayak mimin, dan followers cukup ganti nama comic-nya dan berikan alasan. Contohnya gini “@silolox cocok jadi vokalis #soalnya mulutnya lebar kayak celana bokap gue”, hehehe. Nah, mimin ambil beberapa mention dari followers nih. Apa pendapat kamu dengan kalimat-kalimat mereka? :D


@standupmetrotv @DedeKendor cocok jadi vokalis #soalnya suara ngeBass kaya Bedug takbiran
@standupmetrotv si @GePamungkas cocok jadi vokalis, #soalnya mukanya ganteng,kan penyanyi jaman sekarang,ngandelin muka
@pawpaoST cocok jd vokalis #soalnya suaranya langsing selangsing tubuhnya. ckckkc @standupmetrotv
@standupmetrotv nih min, si @gilbhas cocok jadi vokalis #soalnya rambutnya kaya Ahmad Albar..
@standupmetrotv si @JuiPurwoto cocok jadi vokalis #soalnya dia mirip bang rhoma :))
Si @GePamungkas cocok jadi vokalis #soalnya suaranya kek andika kangen band. Cucok @standupmetrotv
@standupmetrotv si @adjisdoaibu cocok jadi vokalis #soalnya iqbal coboy junior kan suaranya bagus..
si @muhadkly cocok jadi vokalis #soalnya suaranya mendesah" gitu :)) @standupmetrotv
@standupmetrotv @yantoblek. Cocok jadi vokalis #soalnya. Mukanya mirip banget kaya sound system hajatan . :D
@standupmetrotv @JuiPurwoto cocok jadi vokalis #soalnya suara cempreng
@Standupmetrotv @Benidictivity cocok jadi vokalis #soalnya dia mukanya kaya andika kangen *eh
@asepsuaji cocok jadi vokalis #soalnya giginya pake pager buat ngamanin penonton rusuh! @standupmetrotv
bang @bintangbete cocok jadi vokalis #soalnya rambutnya kek raisa, menggoda banget. @standupmetrotv
@HeriHoreh cocok jadi vokalis #soalnya suaranya mirip kaya Jeremy Teti, itu tuh vokalis band Liputan89.. @standupmetrotv
@standupmetrotv @mosidik cocok jadi vokalis #soalnya di dalam badannya tersimpan banyak nafas suara merdu.
@standupmetrotv @ridwanremin cocok jadi vokalis #soalnya sebanding sama mukanya yang fals
@standupmetrotv @notaslimboy cocok jadi vokalis #soalnya suaranya berwibawa kyk pak SBY lagi pidato
@standupmetrotv bang @SiLoLox cocok jadi penyanyi #soalnya soalnya paruparunya ada 12 diperutnya
@standupmetrotv , si @yudhakhel cocok jadi vokalis #soalnya mukanya melas banget kaya orang kalah judi.
@standupmetrotv @panca_atis pantes jd vokalis #soalnya poninya ky gordeng tiater.
@standupmetrotv @siLoLox cocok jadi vokalis #soalnya mulutnya kaya asbak warkop!
@standupmetrotv min @bintangbete cocok jadi vokalis band #soalnya rambutnya kayak prosotan TK
Bang @notaslimboy cocok jadi vocalis #soalnya presiden negara aja nyanyi , presiden SUC Indo juga dong cc: @standupmetrotv
@yantoblek cocok jadi vokalis, #soalnya dia mirip abang air isi ulang, dekil. @standupmetrotv
@standupmetrotv si @HeriHoreh pantes jd vokalis #soalnya yg badan atau leher'a pendek biasa'a suara'a tinggi :-D
@standupmetrotv bang @gilbhas cocok jadi vokalis #soalnya lahirnya pantat duluan *tratakdungcess wkwk
@standupmetrotv si @yudhakhel pantes jadi vokalis #soalnya cocok buat ngegantiin morgan smash
@standupmetrotv @asepsuaji cocok jadi vokalis #soalnya giginya mirip Sammy Ex Kerispatih.
Si @yantoblek cocok jadi vokalis #soalnya mukanya mirip kayak tombol on-off mic wkwkw @standupmetrotv
@standupmetrotv @mongol_stres cocok jadi vokalis #soalnya dia macho kayak agung Hercules
si @muhadkly cocok jadi vokalis, #soalnya suaranya merdu kek krincingan tukang sate cc: @standupmetrotv
@standupmetrotv @JohnMudyTaylor dong ah yg pantes jadi vokalis #soalnya musikalitasnya tinggi, mukanya mirip alm.Kasino :p
@ariefdidu cocok jadi vokalis #soalnya mukanya baby face gitu kaya harry style, eh salah babeh face maksutnya @standupmetrotv

Tidak ada maksud menjelekan siapapun, hanya untuk have fun aja ;)

Sumber: Stand Up Comedy Metro TV (@standupmetrotv)

Line Up SUC Edisi Lebaran 1434 H.



Akan ada taping Stand Up Comedy Spesial Lebaran loh. Beberapa hari lalu selir mimin juga buka pendaftaran penonton gratis di Twitter dan pastinya juga bisa lewat email. Akan ada lebih dari 600 penonton yang akan menyaksikan standup spesial lebaran secara langsung, tanpa editing dan sensor di Studio Grand Metro TV. Buat yang gak kebagian nonton di studio, nonton di rumah aja ya!

Stand Up Comedy Spesial Lebaran ini akan tayang di Hari Raya Idul Fitri 1434 H. Karena “spesial”, kami juga membuat tema, design panggung sampai bintang tamu spesial juga lohhh. Pokoknya beda banget deh dari yang biasanya. Nih mimin kasih tau line-up nya aja ya!

Line up Stand Up Comedy Spesial Lebaran 1434 H:

Host: Awwe & Adjis Doaibu

Comic standup: 
- Sammy Notaslimboy
- Arif Didu
- Muhadkly Acho
- Jui Purwoto
- Yudha Khelink
- David Nurbianto
- Bintang Bete

Turut hadir para pemenang Street Comedy 3:
Juara I: Yanto Black
Juara II: Lolox
Juara III: Arif Alfiansyah

Dan bintang tamu yang akan bertaburan di panggung Stand Up Comedy Metro TV:
- Tessy
- Gogon
- Tarzan
- Polo
- Mamiek
- Eko DJ
- Ucok Baba
- Bang Tigor

Bayangkan apa jadinya kalau comic, srimulat, Ucok baba dan bang Tigor dalam satu panggung! Jangan lupa saksikan lebaran nanti ya!

Sumber: Stand Up Comedy Metro TV


Marhaban Yaa Ramadhan 1434 H.


MARHABAN YAA RAMADHAN
MARHABAN YAA SYAHRU MUBAAROK

WELCOME TO RAMADHAN 1434 H.
SELAMAT MENUNAIKA IBADAH PUASA TAHUN 2013 M.

SEMOGA DAPAT MENJADI ORANG-ORANG
YANG BERTAQWA & MULIA

Kamis, 04 Juli 2013

Jadwal Kegiatan Open Mic di Komunitas Stand Up Comedy



Indonesian stand-ups ‏ @StandUpIndo
Open Mic setiap Senin
Mulai jam 19.00 di Coffee Toffee Hanglekir, Jakarta

standupJakbar ‏ @standupJakbar
Open Mic setiap Jumat
Mulai jam 20.00 di HaEsEf Kopitiam, seberang kampus BiNus Anggrek, Rawa Belong, Palmerah. CP: standupjakbar@gmail.com

StandupIndo Jakut ‏ @Standup_Jakut
Open Mic setiap Kamis
Mulai jam 19:30 di @kedaisari
Email: standup.jakut@yahoo.com

Stand Up Ciledug ‏ @StandUpCiledug
Bagian (@StandUpBTS)
Open Mic setiap Minggu di Ubud village, Jimbaran
CP: @papazidan3 (021-9298-9178)
Email: standup.ciledug@yahoo.com

Stand Up Comedy BTS ‏ @StandUpBTS
Open Mic kita setiap Selasa di KopiOey Tangerang City, dan
Jumat di My Mate Bintaro sektor 3A.

StandUpIndo BEKASI ‏ @StandUpIndo_BKS
Open Mic setiap Kamis
Mulai jam 20.00 di Coffee Toffee, Kalimalang.

Stand Up Cikarang ‏ @StandUpCikarang
Open Mic setiap Rabu jam 19.30 di @deBangoorCofee
CP: 085697506883 / 089652543335

StandUp BANDUNG ‏ @StandupIndoBdg
Open Mic setiap Minggu
Mulai jam 19.00 di BoberCafe (Jalan Riau No.123)
Sharing Comic setiap Jumat, jam 19.00 di BoberCafe

StandUp Jatinangor ‏ @StandUpIndo_JTR
Open Mic setiap Selasa
Mulai jam 19.00 di @NgeumongCuisine
CP: 082126273489
Email:standupindoJTR@gmail.com

StandUpIndo_Tasik ‏ @StandUpIndo_Tsm
Open Mic Kamis minggu pertama di @kedai_kake mulai jam 16.00
Minggu ke 2,3,4 di Kayuku Cafe setiap Sabtu jam16.00

StandUp Indo Garut ‏ @StandUpGarut
#OpenMic setiap Sabtu
Mulai jam 19.00 di @CafeDaunKupansa
Info: @ArisKarisma 081323155668 (not for SMS)

StandupIndo Sukabumi ‏ @StandUpIndo_SMI
#SharingKomik #Openmic #NekaTawa
Di @Parchous / @Sukakopi_
CP: 083818508224 @Dfeerdi
Email: standupsukabumi@gmail.com

StandUpIndo Cirebon ‏ @StandUp_Crbn
#KumpulComic setiap Jumat Jam 16.00 di Zona Kongkow Jl. Pemuda (dpn kampus Unswagati)
#OpenMic  setiap Sabtu Jam 19.30 di @kopitiam62 Jl. Cangkol

StandUpIndo_Sby ‏ @StandUpIndo_SBY
Open Mic setiap Rabu
Mulai jam 19.00 di @MatchboxToo.

StandComedy Semarang  @StandUpIndoSMG
Open Mic setiap Kamis (tanggal genap), mulai jam 19.30 di Salwa House Tembalang, dan
Setiap Kamis (tanggal ganjil), mulai jam 19.30 di Doremi Cafe Peleburan

Stand Up Indo PKU ‏ @StandUpIndoPKU
Open Mic setiap Rabu
Mulai jam 20.00 di Plasa Soto mulai, dan
Setiap Jumat Mulai pukul 20.00 di Burger Gaboh

Stand Up Comedy SOLO ‏ @StandUpSOLO
Open Mic #JumatKumat setiap hari Jumat,
Mulai jam 19.00 WIB di @cafetoedjoe

StandUpIndo_MJK ‏ @StandUpIndo_MJK
Open Mic setiap Sabtu
Mulai jam 19.00 di Mcoffe (jln. Jawa)
CP: 083830432431 / 085733780231 |
Email: standupindomojokerto@gmail.com

Stand Up Indo Malang ‏ @StandUpIndo_MLG
#SharingKomik setiap Kamis jam 20.00
#OpenMic #JumaTawa setiap Jum'at 19.00 di @fivepointsix_ cafe Suhat

StandUpPWT ‏ @StandUpPWT
Open Mic setiap Jum'at
Mulai jam 19.00 cafenya muter-muter. Namanya #FIIL (Friday I'm In Laugh)
Email: supurwokerto@gmail.com

Stand Up Balikpapan ‏ @StandUpBPN
Open Mic/Sharing setiap Jum'at
Mulai jam 20.00 di @TRIOS_Cafe
CP +6282159570776

StandUpComedySMD ‏ @StandUpSMD
Open Mic setiap  Jumat
Mulai jam 20.00 di DAISY COFFEE Jl.M.Yamin (samping ovium)
CP: 085294188612

StandUp Indo BJM ‏ @StandUpBJM
#rabugaul, belakang Depo Gemilang,mulai jam 20.00
CP : 082357009444
Email: standupbjm@yahoo.co.id
Stand Up Indo Bali ‏ @StandUpIndoBALI
Open Mic di Veranda Cafe Dps
CP: 081916386898
Email: standupindo_bali@yahoo.co.id

061 Stand Up Comedy ‏ @StandUpIndo_MDN
Open Mic setiap Kamis malam
Di @061bistro, Kesawan
CP: @sipoerba 081397689902 - @fataa 087869915130
LINE: standupcomedymedan

Stand Up Comedy JBR ‏ @StandUpIndo_JBR
Open Mic setiap Jumat,
Mulai jam 19.00 di RadCaf
CP:  085236401408
Email: standupcomedyjember@yahoo.com

Stand Up Comedy Aceh ‏ @StandUpIndoBNA
Open Mic setiap Jum'at (dua minggu sekali)
Mulai jam 20.30 atau 21.00 di @one4chocolatte